Wednesday, February 20, 2019

Cara Mudah Menghitung Masa Subur Wanita

Masa subur wanita merupakan saat yang paling bagus untuk melakukan hubungan badan dengan pasangannya. Para saat inilah sel telur dapat dengan sempurna menerima sel sperma, sehingga pembuahan dengan sempurna pun dapat terjadi secara mudah. Pembuahan yang terjadi para sel telur oleh sel sperma inilah yang kemudian akan membentuk embrio yang berkembang menjadi janin atau biasa dikenal dengan kehamilan. Proses pembuahan dengan sempurna inilah, yang seharusnya diketahui oleh para pasangan muda yang baru saja memasuki mahligai rumah tangga ataupun mereka yang memang ingin mendapatkan momongan dengan segera. Untuk dapat menentukan saat yang tepat dalam proses pembuahan tersebut, maka pengetahuan mengenai cara menghitung masa subur wanita harus diketahui terlebih dahulu oleh pasangan tersebut. Berikut ini bahasan mengenai cara penghitungan masa kesuburan pada diri, yang mungkin dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi.

Untuk dapat menentukan saat yang paling subur pada diri wanita, siklus menstruasi haruslah diketahui terlebih dahulu. Perhatikan siklus menstruasi pada diri Anda dan ajaklah pasangan Anda untuk memahaminya. Secara umum siklus menstruasi pada wanita terjadi dalam kurun waktu sekitar 28 hingga 35 hari. Dalam jangka waktu tersebut, biasanya pada pertengahan waktu akan terjadi masa ovulasi. Masa ovulasi sendiri merupakan saat dimana indung telur akan melepas sel telur didalamnya.

Masa Subur Wanita

Berikut ini cara penentuan masa subur dalam diri wanita, yang harus diperhatikan bersama pasangan Anda, yang antara lain adalah:

•    Masa ovulasi biasanya terjadi pada pertengahan siklus menstruasi, dimana hal ini dapat Anda hitung dengan cara memperhatikan dan menghitung lamanya siklus dan membaginya menjadi dua. Hasil bagi tersebut merupakan saat ovulasi dimana indung telur akan melepaskan sel telur didalamnya.
•    Mengingat sel sperma pria dapat bertahan dalam jangka waktu 5 hari, maka saat paling tepat untuk melakukan hubungan badan dengan pasangan agar terjadi pembuahan yang sempurna adalah 3 hari sebelum ovulasi terjadi hingga 5 hari setelah masa ovulasi. Pada saat itulah disebut masa paling subur yang dimiliki oleh wanita.

Agar terjadi pembuahan dengan sempurna pada saat ovulasi, maka pastikan bahwa Anda dan pasangan memiliki stamina yang kuat dan perasaan yang tenang pada saat akan melakukan hubungan badan. Dengan situasi seperti itulah maka pembuahan yang diharapkan dapat terjadi dengan baik. Lakukan penghitungan masa subur bersama pasangan Anda, agar nantinya sama-sama mengetahui kapan saat terbaik untuk melakukan hubungan badan.

Penghitungan masa subur wanita ini, tidak hanya dapat dijadikan sebagai patokan dalam berhubungan badan dengan pasangan, agar mendapatkan proses pembuahan yang sempurna. Namun penghitungan masa kesuburan ini, juga dapat dijadikan sebagai kalender kontrasepsi bagi mereka pasangan yang sudah cukup memiliki keturunan. Dengan sistem penghitungan tersebut mereka dapat menghindari masa subur untuk tidak melakukan hubungan badan, sehingga pembuahan pun tidak terjadi didalam rahim.

No comments:

Post a Comment